Tuesday, August 26, 2014

SiLaBI untuk transaksi UP pada BPP

Berikut ini contoh transaksi UP pada aplikasi SiLaBI untuk bendahara pengeluaran pembantu. Tentu saja perlu setting SiLaBI untuk BPP terlebih dahulu dan telah dilakukan transfer uang persediaan dari BP ke BPP seperti yang telah ditulis sebelumnya.
Setelah BPP emenrima dana UP dari BP, maka dalam melakukan transaksi BPP perlu membuat/ mencatat kwitansi transaksi tersebut. Cara membuat kwitansi pada aplikasi SiLaBI ada pada menu RUH transaksi seperti gambar di bawah ini.
Tampilan RUH transaksi (pembebanan akun) seperti gambar di bawah ini. Untuk memulai perekaman kwitansi, kita bisa pilih tombol Rekam.
Tampilan perekaman kwitansi pada aplikasi SiLaBI seperti di bawah ini. Hal pertama yang perlu dilakukan BPP adalah mengidentifikasi transaksi untuk dibebankan ada akun tertentu. Maka BPP perlu memilih akun yang dibebani transaksi tersbeut pada Mata Anggaran
Lalu BPP dapat memilih Mata Anggaran yang sesuai (mulai dari kegiatan, output, sub output, komponen, sub komponen dan akun yang sesuai dengan RKAKL/ POK)
Setelah itu kita lengkapi form tersebut seperti gambar di bawah
Setelah kita simpan maka akan tersimpan kwitansi seperti gambar di bawah (contoh di bawah sudah terekam 2 kwitansi)
Kwitansi tersebut belumlah tercatat pada BKU, karena kwitansi tersebut sifatnya hanya pembebanan pada akun tertentu. Selanjutnya kita perlu mencatat kwitansi tersebut pada menu RUH Transaksi sehingga tampil sepetti gambar di bawah ini (transaksi awal masih menerima tunai dari BP)
Selanjutnya kita rekam transaksi kita pilih transaksi UP
Setelah itu dalam transaksi UP kita diminta memilih salah satu kwitansi yang kita rekam sebelumnya
Setelah kita pilih kwitansi, jangan lupa menyesuaikan tanggal lalu simpan
Berikut ini contoh telah dilakukan 2 transaksi kwitansi UP pada BPP pada aplikasi SiLaBI

4 comments:

  1. Napa setelah rekam kuitansi BPP disimpan tapi di screen kuitansi tidak terlihat daftarnya..alias kosong..tapi bila dilihat di RUH pajak maka bisa dilihat kuitansi yang sudah dibuat di BPP. Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya:
      1. Aplikasi belum update terakhir 14.2.0 versi 4 Agustus
      2. Ada kesalahan dalam penanggalan kwitansi sehingga kwitansi masuk bulan lainnya
      3. Coba kalau di RUH Transaksi muncul apa tidak?

      Delete
  2. Thx replyx..kantor saya 1 BP dan 6 BPP dengan bagi UP/TUP secara tunai ke BPP. Mengapa setting BPP saya ada muncul saldo kas BPP 0 sedang contoh di sini tdk muncul ? Maka ketika sudah rekam kuitansi UP dan mau rekam Transaksi UP akan mengurang nilai 0 tadi jadi minus (-) sejumlah kuitansi UP di SPM. Apa yg salah dengan setting BPP atau di RUH saldo awal ? tidak bisakah kuitansi dari BPP ditransfer ke BP sehingga mudah dalam GU isi lagi di BP ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, waktu saya menggunakan aplikasi ini masih versi 14.2.0 versi juni 2014, dan memang di versi itu tidak ada saldo kas BPP. Dan ketika saya mengerjakan menggunakan versi 4 agustus memang muncul saldo BPP dibawah saldo kas UM sebesar 0. Dan itu tidak masalah ketika LPJ dilakukan pada BP, saldo 0 dan minus pada BPP (asal bukan pada saldo kas tunai pada BPP/ sebelah kiri bawah) saya kira bukan masalah. Mestinya kotak tersebut tidak perlu muncul pada login BPP, cukup muncul ketika login BP saja. Saya kira masalah anda bukan masalah. Kalau LPJ BPP sudah saya posting juga

      Delete