Sunday, August 2, 2015

Mengatasi Kuitansi UP belum di SP2D pada BPP

Berikut ini adalah cara menerima adk SPM GU pada BPP. Setelah sebelumnya kami postingkan cara mengirim adk SPM GU pada BP, maka langkah selanjutnya bagi satker yag menggunakan Silabi bagi BPP adalah menerima adk SPM GU. Maksud dari penerimaan adk SPM GU ini adalah untuk mengatasi masalah Kuitans UP belum di SP2D pada BPP sebagai contoh Berita Acara Pemeriksaan Kas BPP di samping yang mencantumkan kuitansi yg belum di GU padahal sesungguhnya kuitansi-kuitansi tersebut telah di GU pada pembukuan BP.



Mengapa hal ini terjadi? pada update Siabi yang terakhir kita dapat melihat pada menu RUH transaksi di samping kolom jumlah biasanya ada kolom SP2D dan kolom DRPP. kolom tersebut biasanya akan terisi otomatis bia kwitansi yang menggunakan dana UP telah dipakai dalam DRPP maupun telah diterbitkan SP2D-nya (tentu saja melalui proses SPP-SPM). Namun karena SPM GU masuk ke rekening BP, maka pencatatan SPm tersebut pada lazimnya pada Silabi BP buan pada BPP, maka yang terjadi meskpun kuitansi BPP telah di-GU kan dan jadi SP2D, pada pembukuan BPP tidak otomatis menampilkan nomer SP2D seperti gambar di bawah. 

Untuk itu pada silabi BPP, maka transaksi nomer 11 adalah ADK SPM GU (kalau di BP transaksi SPM GUP) seperti gambar di bawah
Setelah memilih transaksi tersebut, maka kita ilih ak yang telah dikirim oleh BP seperti gabar berikut
Lalu kita pilih kuitansi berhubungan dengan SP2D bersangkutan dengan adk dimaksud (bisanya otomatis)
Kita pilih tanggal, dan pilih OK
Maka nanti nomer SP2D akan muncul/ terlihat pada kolom seperti gambar di bawah
Dan dalam Berita Acara pemeriksaan kas BPP pun akan terlihat seperti ini (kuitansi telah di GU keseluruhan)
Semoga tips ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment