Wednesday, January 14, 2015

"sedikit" Masalah Silabi pada SAS

Sesuai dengan per-3/pb/2014 pasal 3 ayat (7) bahwa pembukuan terhadap seluruh penerimaan dan pengeluaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan aplikasi yang dibuat dan dibangun oleh Kementerian Keuangan cq. Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Namun, karena aplikasi belum sempurna, maka perlu informasi dari pengguna seperti kita agar bisa lebih disempurnakan.
Berikut ini salah satu info kegagalan rekam

Connectivity error: [MySQL][ODBC 5.1 Driver][mysqld-5.1.51-coummunity]Incorect date value:'1-13-5--20' for column 'tgcreate' at row 1

Cerita eror tersebut adalah ketika kami merekam transaksi di tanggal 13 Januari 2014 maka muncul seperti gambar di bawah
Dan bila misal kita menginput tanggal 12 bulan Januari namun komputer tertanggal 13 Januari pun akan menampilkan eror seperti gambar di bawah, sama dengan gambar di atas.
Namun bila kita merekam transaksi bertanggal 12 Januari dan tanggal komputer juga tanggal 12 Januari maka transaksi tersebut berhasil di rekam seperti gambar berikut
Berikut bila transaksi berhasil di rekam
Tips sementara bagi yang baru mengajukan UP (SP2D di atas tanggal 12 Januari

  1. Catat SP2D UP sesuai tanggal SP2D
  2. Rekam SP2D UP tersebut pada RUH transaksi pada tanggal 12 Januari (dengan merubah tanggal komputer juga pada 12 Januari)
  3. Rekam PU Bank pada tanggal tersebut juga
  4. (update) rekam transaksi juga hanya bisa dilakukan sebelum tanggal 12 setiap bulannya (juga ternyata)
  5. Edit tanggal SP2D UP yang telah direkam tanggal 12 Januari dengan tgl yang sebenarnya
  6. Edit tanggal PU bank dengan tanggal PU sebenarnya
  7. (udate) ganti tanggal transaksi dengan tanggal sebenarnya
  8. Lanjutkan pencatatan transaksi dengan normal (dari percobaan kami, setelah ada kas tunai, transaksi bisa dilakukan di atas tgl 12 Januari asal tanggal pencatatan dan tanggal komputer sama)
  9. Selamat mencoba/ mencatat/ melaksanakan Pasal 3 ayat (7) PER-3/PB/2014 sambil menunggu update SAS 2015 (review ini menggunakan versi 15.0.2)

4 comments:

  1. Mohon maaf, untuk kirim ADK LPJ kenapa selalu mencul "Data rekening tidak ada". Mohon soulusinya. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan belum diisinya data rekening pada menu referensi

      Delete
  2. Mohon Maaf Pak saya ingin bertanya setelah Bendahara Pengeluaran Meneriman LPJ Bendahara Pengeluaran Pembantu pada tanggal 7 Bulan februari 2015 dan telah berhasil mengajukan GUP melalui tahapan DRPP pada tanggal 9 dan pada saat BP Merekam transaksi SPM GU Kwitansi nya tidak ada padahal sudah di terima lpj BPPnya saya mohon infonya PAk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kami juga belum mencoba pak, mungkin beberapa waktu lagi, tapi anda sudah hebat karena bisa menerima kas dari BP karena kami mencoba terima kas dari BP di login BPP masih belum bisa, terima kas saja belum bisa apalagi mentransaksikannya ^_^, jauh lagi tentu belum bisa GU (kami coba pakai versi 15.0.3)

      Delete