Monday, December 23, 2013

Format SPBy dan DRPP tahun 2014

Sehubungan dengan aplikasi baru SPM 2014, dimana ketika kita mengerjakan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) pada aplikasi tersebut, kita disuguhkan dengan menu baru yakni input suboutput, komponen, sampai dengan subkomponen pada pengajuan SPP. Meskipun sesungguhnya dalam format SPP dan SPM hal tersebut tidaklah dicantumkan seperti pada lampiran IV PMK No 190/PMK.05/2012 tentang tata cara pembayarandalam rangka pelaksanaan anggaran pendapata dan belanja negara (lampiran format SPP) dan lampiran XIII PMK tersebut tentang format SPM juga tidak mencantumkan sampai tingkat sub komponen.

Tapi bila kita lihat seperti gambar berikut, ternyata aplikasi SPM 2014 memaksa kita menginput SPP sampai pada tingkat subkomponen, bukan hanya sampai tingkat output saja dimana saya pribadi biasanya asal dalam output yang sama, SPM bisa saya gabung, tapi dengan aplikasi SPM 2014 yang menginput (padahal tidak dicantumkan dalam printout) sampai tingkat subkomponen, maka saya tidak bisa lagi menggabung beberapa subkomponen yang beda meskipun dalam output yang sama.

Maka untuk mempermudah pengerjaan SPP tersebut, maka kita permu memodifikasi daftar rincian permintaan pembayaran (DRPP) dan tentu saja sumbernya yaknis Surat Perintah Bayar (SPBy) untuk penyusunan SPP kita yang mengharuskan input sampai tingkat subkomponen DIPA (meskipun printout SPP dan SPM tidak sampai pada subkomponen, melainkan hanya sampai tingkat output kegiatan).

Maka berikut inilah modifikasi dari DRPP dan SPBy untuk SPM 2014 (bisa tetap atau berubah sesuai perkembangan aplikasi di masa mendatang)


  1. Download format excel Surat Perintah Bayar (SPBy) sampai tingkat sub komponen
  2. Download format excel Daftar Rincian Permintaan Pembayaran (DRPP) sampai tingkat sub komponen

No comments:

Post a Comment