Wednesday, October 16, 2013

Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS

Perlu kami jelaskan Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS dan saya harap kita dapat mengerti tentang Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS meskipun sebelumnya saya sudah berusaha menuliskan tentang Buku Kas Umum (Format BOS K-3) sebelumnya. Untuk itu saya harap gambar berikut ini dapat sedikit membantu.



Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas
Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas
Dulu saya juga sempat bingung apakah Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS, tapi setelah mempelajari Panduan BOS 2010 dan masih sama juga hingga Juknis BOS 2013 akhirnya dapat dipahami bahwa Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS adalah bahwasannya buku pembantu kas hanya mencatat kas tunai, sementara buku kas umum mencatat semua kas, baik tunai maupun giral (kas yang berada pada rekening kita).

Dimana dalam buku kas umum dikenal ada 2 macam transaksi yakni eksternal dan internal. Contoh transaksi eksternal adalah ditransfernya uang dari pemerintah ke rekening BOS, contoh lain transaksi eksternal adalah bunga bos dan biaya bank. Transaksi eksternal lain yang mempengaruhi kas tunai adalah pembelanjaan seperti biasanya.

Sementara transaksi internal adalah transaksi keuangan yang "tidak" mempengaruhi saldo kas umum, tapi mempengaruhi kas tunai maupun kas giral/ bank. Contoh penarikan dana dari rekening BOS. Jadi saya harap kita tidak bingung lagi memahami Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS. Semoga tulisan ini dapat membantu anda. ^_^ dan silahkan juga gunakan software BOS 2013 yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam pelaksanaan akuntansi BOS yang telam memakai kode rekening BOS juga, bahkan untuk membuat form BOS-K7 dan form BOS-K7a

No comments:

Post a Comment