Monday, August 5, 2013

Penggunaan Awal Aplikasi BOS 2013

Berikut ini kami coba berbagi cara menggunakan Software BOS 2013. Terutama bagi yang baru pertama menggunakan aplikasi ini, maka pengguna aplikasi BOS 2013 perlu mengetahui beberapa langkah awal dalam penggunaan Aplikasi BOS 2013 ini.

Aplikasi BOS 2013 yang dipublikasikan secara gratis ini sepengetahuan penulis awalnya dibagikan secara gratis ketika penulis mengikuti Sosialisasi BOS dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di akhir 2010.

Beberapa saat setelah itu, penulis juga mendapatkan versi lain dari aplikasi BOS tersebut ketika mengikuti pelatihan BOS oleh Pengawas SMP di SMP Islam Batu. Dan menurut hemat penulis, aplikasi tersebut adalah aplikasi buatan DBE 1 (Decentralized Basic Education) yang merupakan salah satu unit organisasi USAID.

Seiring berjalannya waktu, pada pertengahan 2013 ini penulis mendapatkan update Software BOS 2013 yang disesuaikan dengan regulasi Petunjuk Teknis BOS 2013 dengan dikeluarkannya Permendikbud No 76 Tahun 2012. Hanya saja untuk membenahi beberapa kekurangan software ini (akan kita bahas kemudian), penulis belum dapat menghubungi pengembang aplikasi ini.

Terlepas dari itu semua, berikut ini adalah langkah-langkah awal penggunaan Aplikasi BOS 2013.

Pertama ketika anda membuka aplikasi BOS 2013 yang berbasis Microsoft Exel tersebut (minimal exel 2007) pada beberapa komputer tidak dapat langsung digunakan. Tetapi pengguna sebelumnya harus meng-enable dulu fungsi dari macro software tersebut. Maka ketika pengguna memulai menggunakan aplikasi BOS 2013 tersebut, silahkan klik tombol "options..." yang berada dibawah toolbar exel seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu silahkan pengguna memilih "enable this content" lalu klik "OK"
Pada Aplikasi BOS 2013 ini pengguna disilahkan mengisi biodata dasar untuk penggunaan aplikasi BOS, dan tampilan ini biasanya akan selalu muncul setiap penggunaan aplikasi BOS (mungkin ini salahsatu kekurangannya, mestinya cukup tampil sekali saja ketika di awal penggunaan, atau mungkin untuk memastikan identitas softwere perlu ditampilkan di header softwere status penggunanya)
Lalu muncul pesan selamat datang
Tampilan dari software BOS 2013 sebagai berikut. Penjelasan setiap menu akan kita bahas pada postingan berikutnya.
Semoga pengenalan awal software BOS 2013 ini bermanfaat. Saran dan kritik yang membangun silahkan dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment