Minggu, 05 Mei 2013

Format SSPB Excel

Tidak lengkap rasanya bila hanya saya share format SSBP excel tanpa membagi-bagi juga Format SSPB (surat setoran pengembalian belanja) dalam format Excel. kenapa? karena menurut Kep-66/PB/2013 juga bila kita membuat SPM (misal SPM Kekurangan gaji) lalu ada potongan yang melibatkan pengembalian belanja (biasa pembulatan gaji/ akun 511119) maka kita juga harus melampirkan SSPB dalam mengajukan SPM kekurangan gaji tersebut.

SSPB adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penyetoran kelebihan penggunaan/realisasi anggaran tahun berjalan. Ada kalanya realisasi anggaran yang dilakukan satuan kerja/instansi pemerintah melebihi dari yang seharusnya yang disebabkan kesalahan perhitungan. Kelebihan ini harus segera disetorkan dalam tahun anggaran berjalan dengan menggunakan SSPB. Namun bila kelebihan ini terlambat diketahui atau terlambat disetorkan dalam tahun anggaran berjalan yang berakibat pada penyetoran pada tahun anggaran berikutnya, maka formulir yang digunakan bukan SSPB melainkan harus SSBP.

Transaksi yang biasa menggunakan SSPB ialah: kelebihan pembayaran gaji pegawai, kelebihan pembayaran biaya perjalanan dinas, kelebihan pembayaran honor dan kelebihan pembayaran lainnya. Akun-akun yang digunakan dalam SSPB adalah akun-akun yang sama dengan yang dipakai saat realisasi anggaran. Misal, pembayaran biaya perjalanan dinas menggunakan akun 524111, maka jika terjadi kelebihan pembayaran, penyetoran pembayarannya juga menggunakan akun 524111.

Seperti halnya format SSBP excel, formulir SSPB excel juga agak sulit ditemukan karena tidak banyak yang menjualnya. Begitupun kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan belum tentu menyediakan formulir SSPB. Penggunanya harus membuat dan mencetak sendiri formulir SSPB tersebut. Bagi yang memerlukan formulir SSPB dalam format Excel dapat diunduh di sini.

8 komentar:

  1. menghilangkan protect excel pasword nya apa? karna ada yg perlu di tambahkan di sheet 2 dan seterusnya terima kasih

    BalasHapus
  2. wah, saya lupa paswordnya, tapi bisa dihilangkan paswordnya kalau kita buka dengan open office, apa ya yg perlu ditambahkan?

    BalasHapus
  3. mas hafid sy blm berhasil download excelx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ctrl+S atau ada tombol download di atas koq

      Hapus
  4. makasih agan hafids... atas share nya
    bagi yg mo dunlud tp bingung ga bisa di edit file nya karena di protect password, gampang kok, buka dulu dg google sheet terus disimpan dari google sheet, insyaAllah bisa di edit sesuai dg kode daerah masing2..
    sekali lg makasih agan hafids.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi di akhir tahun seperti ini ya pak, SSPB dan SSBP cukup banyak didownload temen-temen pengelola APBN, semoga bermanfaat

      Hapus
  5. makasih banyak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2. namun sekarang saya lebih sering pake yg ada di aplikasi SAS

      Hapus

Achieve

Jejak pembaca

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman

Cek virus