Saturday, February 2, 2008

Mengganti Template Web

Baiklah, sekarang mari bersama-sama kita bahas tentang cara merubah tampilan/ template web CMS kita. Sebagai bagian dari tips ini, ada baiknya anda mencari template Joomla yang banyak disediakan gratis diinternet. Tentu saja dengan mudahnya, cobalah cari di mbah Google, he5. Ingat kalo dulu rajin pangkal pandai, sekarang bisa cari pangkal pandai, he5.

Untuk mengatur atau me-manage template web kita, pada administrasi web kita, pilih menu Site, template manager, dan pilih site template.

Tampilan awal atau default web sekolah anda biasanya menggunakan template rhuk solarflare ii, seperti gambar di bawah.


Selain itu bawaan instalasi web joomla anda biasanya juga memberikan satu template pilihan lagi, yakni madeyourweb. Cobalah memilih template tersebut dan klik default, lihatlah hasilnya.


Paling tidak tampilan web sekolah anda akan berubah seperti ini


Anda juga bisa memasang sendiri template Joomla yang lain, mungkin hasil dari pencarian anda tadi dengan mbah google. Banyak sekali template gratis, ada juga yang berbayar tentu saja dengan kelebihannya masing-masing.
Untuk instalasi template, klik menu instalers, pilih template site.


Silahkan brows dimana anda telah meletakkan hasil anda mendapatkan template joomla pada komputer anda, lalu silahkan upload file dan instal.


Bila anda melakukan dengan benar dan biasanya template tersebut harus kompatibel dengan joomla dan biasanya berbentuk winzip, maka kalau memang berhasil maka akan ada pesan bahwa upload template sukses.


Sekarang cobalah template baruanda, klik default.


Sekarang kita mendapatkan tampilan template baru kita.


Kita juga bisa mengedit template kita, misalnya dengan HTML Editor, misalkan pada "Education" kita rubah dengan "SMP Perjuangan" dan yang lainnya, tapi pastikan anda paling tidak mengerti sedikit bahasa HTML, he5.


Setelah itu dapat anda lihat hasil pengeditan HTML template anda.

No comments:

Post a Comment