Monday, January 7, 2008

Administrasi Joomla

Tips kali ini mengenal sedikit tentang administrasi Joomla. Anda akan memasuki tempat untuk mengadministrasi web anda nantinya.

Baik, sekarang silahkan kunjungi web anda yang telah anda buat. Lalu masuklah ke menu administrator, itu, yang ada pada other menu sebelah bawah sendiri..
Setelah itu ada form login dan masukkan username anda ("biasanya admin") dan pasword anda (yang anda buat waktu instalasi jomla, masih ingat kan?)
Akhirnya sekarang anda masuk halaman administrasi joomla, tampilannya seperti di bawah ini, user interface, tapi mungkin bagi yang belum pernah cukup membingungkan juga. Tapi anggaplah ini seperti aplikasi yang sering kita gunakan semisal program pengolah kata, he5..
Untuk mempercepat proses belajar anda, jangan lupa membaca menu help pada bagian kanan atas. Sepertinya kita kurang terbiasa melakukan prosedur tersebut, tapi anggaplah menu help seperti mbah google, yang bikin kita cepet pinter, sekarang bukan rajin pangkal pandai, tapi kayaknya cari pangkal pandai deh (dengan mbah google contohnya). Jadi teteplah rajin membaca menu help untuk bantuan anda.
Lha ini dia tempat content-content diatur, mulai dari membuat content, dimana sebelumnya harus membuat section dan category dulu, juga mengatur front page dan arsip.
Dengan membaca menu help, anda bisa langsung mengerjakan tugas anda, tanpa menunggu tips (bukan tutorial) dari saya selanjutnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment