Monday, January 21, 2008

Menu Joomla

Baiklah, sekarang kita teruskan lagi belajar bersama untuk membuat website sekolah dengan web CMS. Kita udah menghapus semua kontent bawaan Joomla dan membuatnya lagi untuk web kita sendiri. Sekarang kita akan membahas menu Joomla. Sama dengan langkah membuat kontent, mungkin kita perlu menghapus dulu menu bawaan joomla.

Menu web CMS Joomla dibagi dengan 4 bagian utama, yaitu main menu, yang biasanya menu yang berada pada kiri atas web kita (tapi posisi ini tergantung template dan bisa dirubah), ada juga other menu yang biasanya ada di bawah mainmenu, ada juga topmenu yang biasanya tentu saja di bagian atas web kita, dan ada usermenu. Maka silahkan anda hapus semua main menu, othermenu, top menu, dan usermenu, tapi mungkin jangan hapus dulu untuk menu item administrator pada other menu.

Untuk menu administrator tersebut, anda cukup untuk mengganti status publishednya dengan mengklik ikon published, sehingga tandanya akan diganti dengan tanda silang yang berarti menu tersebut tidak dipublikasikan.

Sehingga kini tampilan blog anda akan seperti ini, tanpa menu sama sekali.


Trus, bagaimana kita bisa masuk sebagai administrator? kalo menu administratornya tidak ada? caranya kita tinggal mengetik administrator dibelakang alamat web kita, misalnya www.websaya.net/administrator maka anda akan masuk form login administrator. Untuk membuat menu, kita bahas pada tips selanjutnya.

No comments:

Post a Comment