Sunday, January 27, 2008

Menu Joomla (2)

Baiklah, sekarang kita bahas "bagian akhir" membuat web CMS dasar. Untuk yang lain, akan kita bahas secara lepas, tidak harus terstruktur, karena seperti kalo kita membuat blog, tidak akan ada habisnya ilmu untuk mengeditnya, begitu juga dalam web CMS. Seperti halnya mengedit tampilan, baik melalui template, modul, component, dan lain sebagainya akan kita bahas bersama-sama tanpa harus terstruktur. Setuju?

Baiklah, sekarang kita lanjutkan membuat menu web kita, karena kita telah menghapus semua menu bawaan Joomla yang telah kita instalasi pada domain web kita. Masuk pada menu manager, pilih misalnya mainmenu, lalu buat baru dengan klik new.

Pada new menu anda akan diberi pilihan beberapa item, banyak sekali, sehingga tidak mungkin kita bahas seluruhnya di sini, paling tidak dasarnya saja. Pertama cobalah pilih Blog-Content Section lalu next.


Pilih nama menu anda, misalkan saja Beranda (biasanya juga home, he5, hampir sama) dan pilih section yang akan ditampilkan pada menu beranda, misalnya di sini kita akan menampilkan pada menu beranda dengan Seksi Humas sebagaipengenalan awal pada pengunjung Web Sekolah kita. lalu pilih save.


Mungkin anda bisa membuat menu lain misalnya blog-content category, dimana menu itu nanti berisi blog category. Pilih dan klik next.


Misalkan kita membuat menu yang isinya tentang Kegiatan Ekstrakurikuler, maka kita pilih category Ekskul dan pilih save.

Buatlah menu-menu lain sesuai kebutuhan Web Sekolah anda, misalkan anda ingin menampilkan data guru, nilai siswa, atau alamat untuk menghubungi anda atau sekolah anda.


Sekarang anda coba lihat hasil anda membuat Web Sekolah anda, pilih pada menu site , preview, in new window. Lihatlah hasilnya


Yup, kira-kira hasilnya akan seperti ini, tapi mungkin kadang hasilnya tidak sesuai keinginan kita, misalnya seperti tampilan dibawah ini pada menu beranda, yang tampil di atas adalah Visi Misi Sekolah, sementara justru ucapan Selamat Datang malah dibawahnya, ini dikarenakan model blog menuberanda, kita dapat mengedit ini.




Caranya pada menu manager klik pada beranda


Di samping kanan ada primary order, secara default, tampilan blog section menampilkan tulisan terakhir pada bagian atas, kebetulanmungkin kita dalam menulis content menulis Selamat Datang dulu, baru visi misi, maka kita dapat memilih Oldest first untuk merubah tampilan beranda kita, dan klik save.

Hasilnya paling tidak seperti ini.


Jadi sekarang Web Sekolah kita secara mendasar telah bisa "dianggap jadi", tinggal mengedit sesuai kebutuhan, sama halnya mengedit blogger kita. Mari bersama-sama kita belajar membuat Web Sekolah kita, memang sedikit berbeda dengan blog, karena menurut saya blog lebih cocok untuk tujuan personal, tapi kalau untuk pengenalan organisasi seperti institusi sekolah kita, menurut saya paling cocok pakai web CMS meskipun dianggap sebagai web 1.0 dibanding blog yang dianggap sebagai web 2.0.

No comments:

Post a Comment