Thursday, January 3, 2008

Database website

Sekarang kita lanjutkan belajar buat web sitenya ya!. Jadi setelah kita mendapatkan hostingan gratis, kita perlu memiliki domain dan database dulu. Untuk belajar, kita bisa pakai sub domain aja dulu, seperti kalo kita buat blogger kan pakai sub domain, kayak nedy-nedy.blogspot.com, itu merupakan sub domain dari blogspot.com, Jadi biasanya sub domain seperti itu gratis. Jadi setelah anda masuk kontrol panel anda, pilih Domains dan pilih di sub domain.

Setelah anda masuk sub domain, anda bisa memilih domain utama yang akan diikutkan pada domain anda, pada bytehost, ada banyak pilihan sub domain, seperti gambar di bawah. Pilih sub domain anda dan masukkan domain anda, lalu tinggal create.
Tentu saja, domain ini nantinya adalah alamat website anda, dengan protokol http, panggil pakai browser domain anda, maka anda akan masuk pada web site anda. Tapi ini belumlah menjadi website, ini masih domain.

Langkah selanjutnya membuat database untuk website anda. karena kita nantinya akan membuat website CMS yang memerlukan database, biasanya pakai SQL, dan lagi-lagi bytehost telah menyediakannya. Silahkan kembali ke home pada kontrol panel anda dan pilihlah Database pada MySQL database.


Setelah database anda terbuat, ingatlah nama database tersebut. Karena itu nantinya yang akan kita pakai dalam menginstalkan software CMS kita (nanti kita pakai joomla saja ya!). Cukup sekian dulu untukkali ini, udah sore nih di ICT, mau magrhrib, udah sepi ICT-nya, semoga tips ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment