Friday, January 11, 2008

Content Joomla

Baik, kita lanjutkan membahas tentang pembuatan website sekolah kita dengan menggunakan CMS Joomla. Pembahasan kali ini kita akan membersihkan content bawaan joomla. Apakah content itu? Kalo kita baca menu help pada administrasi joomla, "Content is the fuel of the web site vehicle!". Yup, bener banget, kontent tuh seperti bahan bakar kendaraan kita. Jadi kalo tanpa bahan bakar, apakah kendaraan kita bisa jalan?

Tentu saja, joomla telah menyediakan contoh konten pada web yang baru kita instalasi. Maka kita perlu "membersihkannya" dan kita ganti dengan content kita sendiri nantinya. Jadi pilih pada menu content dan sub menu all content items. Lalu delet dengan klik pada gambar trash, oh iya, silahkan centang semua contentnya sebelum menghapus.

Jalan lupa setelah itu untuk benar-benar menghapus content yang terhapus tadi, seperti pada komputer kita, bila menghapus mungkin hanya akan masuk ke recycle bin/trash, hapus juga pada trashnya, masuk ke menu site, sub menu trash manager, centang semua dan delete.

Ada peringatan? yup klik delete aja

Kalo anda telah membaca help dengan seksama, tentu mengetahui, bahwa content CMS Joomla tuh gak berdiri sendiri, untuk membuatnya diperlukan Section dan Category, maka hapuslah Section dan category bawaan joomla itu, dan nantinya kita akan membuat sendiri. Pilih menu content, buka pada Category manager dulu, baru nanti section manager. Kenapa begitu? karena kalo sebaliknya biasanya gak bisa, karena Category merupakan sub-nya Section, kalo kita hapus Section dulu, biasanya ada peringatan kalo ada Category-nya, jadi hapus Categorinya dulu, baru Section.

Yup, setelah anda menghapus content beserta category dan section, bila anda melihat web anda, maka akan seperti ini

Jadi, sekarang content dari web anda telah kosong. Ingin mengosongkan lagi? masih banyak yang bisa dihapus, seperti menu, modul, component, mambot, dll, tapi jangan dulu ya! sabar aja bila anda ingin menunggu tips berikutnya. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Sobat website joomla saya koq ada maslah ya? Masalahnya seperti ini :
    1. Tampilan untuk edit contentnya tidak seperti saat di localhost. Intinya toolbar yang banyak tuh yg letaknya di atas field isi content dan fungsinya tuk ngatur content seperti warna tulisan, bentuk tulisan dan lainnya hilang.
    2. Tombol save tidak berfungsi alias tidak bisa nyimpan. Kenapa ya?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete