Friday, January 18, 2008

Content Joomla (2)

Sekarang kita lanjutkan untuk membuat konten website kita. Karena sebelumnya kita telah menghapus semua konten bawaannya Joomla kan?. Jadi kita akan membuat konten kita sendiri dari awal. Masih ingat kan, bahwa konten joomla meliputi (dan harus) dari sebuah section dan category, maka kita perlu membuat dulu section untuk web kita. Buka pada content lalu pilih sub menu section manager, dan klik di ikon new untuk membuat section baru.


Disini misalnya kita membuat sebuah section "Kurikulum" lalu beri deskripsi secukupnya ato gambar kalo perlu, lalu tinggal klik ikon save.

Buatlah beberapa section yang lain seperlnya, misalnya Humas, Sarpras, Kepegawaian, Kesiswaan, dan lainnya, sesuai dengan kebutuhan kita.

Setelah kita membuat Section, maka kita perlu membuat category yang bisa dikatakan sebagai sub-nya section. Pilih ada menu content dan pilih pada category manager, klik new.

Misal kita membuat category lab, maka kita perlu menentukan section manakah lab itu? misalnya pada section Sarpras. Lalu tulis deskripsi category secukupnya, lalu save.


Buat lah beberapa category yang lain, sesuai dengan keperluan sekolah kita.

Setelah Section dan Category kita buat, maka kita sudah dapat membuat content yang diperlukan untuk web sekolah kita. Dimana seperti kata joomla sendiri, kontent bagaikan bahan bakar kendaraan web kita (he5). Pilih pada content sengan sub all contet Items. Pilih new.

Untuk membuat content, pertama beri judul pada title, dan jangan lupa untuk menentukan termasuk section yang mana dan category yang mana artikel/ content anda tersebut. (Memang sih lebih ribet dari pada nge-blog). Lalu tinggal buat content/ artikel tentang seklah anda, masukkan foto juga bisa, flash, table, video, dan lain sebagainya.


Butlah content sesuai kebutuhan web sekolah anda. Tapi untuk sampai disini, bila anda masih ingin mengikuti tips2 kecil kami, maka anda harus sabar, karena content anda belum muncul pada web seklah anda, masih ada beberapa pekerjaan lain berkaitan dengan menu manager. Anda boleh mencoba sendiri atau sabar menunggu tips ringankami. Semoga bermanfaat bagi perkembangan content internet di Indonesia.

No comments:

Post a Comment