Saturday, December 8, 2007

Sembunyikan Navbar


Apa itu Navbar Blogger? menurut kang Rohman, navbar blogger adalah suatu frame yang berukuran kecil miliknya blogger yang terdapat di bagian atas blog. frame ini berfungsi untuk login ke blogger atau bisa juga sebagai jalan untuk melihat blog lain atau bisa juga untuk menandai blog yang sekiranya melanggar TOS blogger seperti blog yang mengandung unsur SARA ataupun pornografi untuk dilaporkan ke pihak blogger.

Mengapa orang tertarik menyembunyikan Navbar? alasannya macem-macem, seperti menurut mbak Siti, yang pengen minta diajari cara menyembunyikan navbar biar tampilannya lebih cantik, katanya?

Tapi, keputusan untuk menyembuyikan navbar perlu kita pertimbangkan lebih dahulu. Ternyata cukup banyak resikonya, seperti yang diungkapkan kang Rohman juga, bahwasannya itu beresiko account blog kita bisa ditutup. Lihat juga kata mas Agus. Bahkan lebih ekstreme mengatakan "Ini bagian yang mengkhawatirkan, melihat banyak sekali pengguna blogger yang suka menanyakan bagaimana cara menghilangkan navbar.Harus berkali-kali ditegaskan untuk jangan bangga dengan hasil kejahatan.Kejahatan macam mana maksudnya?

Navbar adalah hak milik Blogger seperti yang disebutkan dalam TOS.Navbar hanya diperuntukan bagi pengguna yang menggunakan layanan tak berbayar.Artinya bagi pengguna berbayar yang memiliki akses layanan FTP, navbar akan otomatis dihilangkan.Navbar dulunya hanya diperuntukan untuk menampilkan iklan sebelum Blogger akhirnya menggantinya dengan navbar.Jadi pertimbangkan perubahan ini.Hanya sekitar 35 pixel hak Blogger yang kita pakai, tentu bukan hal yang sulit untuk tetap mempertahankannya."

Wah-wah, memang menghawatirkan, tapi terserah anda, ada juga yang bilang, kalo tidak masalah kita menyembunyikan navbar blogger, meskipun kebenaran hal ini masih belum kita ketahui. Sebenarnya yang jadi pertanyaanku sendiri juga bagaimana "hukumnya" mengganti icon blogger yang sering kita lakukan juga? kita nanti akan membahas masalah icon itu (postingan selanjutnya sesuai dengan permintaan mbak Yuli).

Sedikit gambling dengan keadaan ini, maka blog saya sedikit mengakalinya dengan membiarkan navbar pada beranda dan menyembunyikan navbar pada blog yang lain. Jadi dalam account saya, masih tetep ada blog yang menampilkan navbarnya. Terus kalo gitu, gimana pihak blogger menyikapinya? apakan nantinya account saya tetep ditutup?

Jadi seperti tampilan di atas, saya menggunakan cara sebagai berikut:
menambah kode:
#navbar-iframe {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}
.kosong
{
clear: both;
}

sebelum body pada edit HTML template kita

1 comment: