Sabtu, 29 Desember 2007

Belajar Website

Baiklah, sekarang mari bersama-sama kita belajar membuat web site. Berbeda dengan blog tentunya, karena ciri khas blog konten-nya berupa postingan kita dan sifatnya lebih personal. Sedangkan website (terutama yang berupa CMS) kontennya bukan postingan personal. Tips bertahap ini semoga bermanfaat, terutama untuk kita mahasiswa D3TKJ semisal untuk membuat website sekolah yang lebih cocok pake model CMS daripada blog. Tips ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengenalan organisasi dalam bentuk lain semacam organisasi profit.

Yang pertama kita perlukan adalah hosting dimana kita akan eletakkan website kita. Seperti kalau kita memkai blogger, maka hostingan kita pada perusahaannya google (kalo gak salah, he5). Bukannya promosi, tapi untuk belajar website ini silahkan menggunakan hosting pada bytehost. Karena kemudahannya. Setelah masuk bytehost, silahkan sign up disitu.

Setelah melalui beberapa baner, akhirnya sampailah pada form registrasi bytehost, isilah semua informasi anda di situ.

Setelah anda berhasil, anda akan mendapatkan informasi penting seperti gambar di bawah ini, downloadlah informasi tersebut dan jangan sampai hilang. Dulu info tersebut dikirim ke e-mail kita, tapi sepertinya sekarang tidak, kita harus langsung mendownload informasi penting tersebut. Jangan sampai informai tersebut hilang.

Sekaran coba anda masuk ke byte host lagi, dan masuklah pada vista control panel. Masukkan sesuai informasi yang anda download tadi pada username dan pasword lalu silahkan login.
Nah, sekarang anda telah perada pada kontrol panel anda. di situ terteran informasi account anda, dan di sinilah pusat hostingan anda nanti.


palig tidak anda akan mendapatkan ini:

Disk space 250 Mega Bytes
Monthly bandwidth 6 Giga Bytes
POP Email accounts Unlimited
Web mail Yes
Automatic script installer over 29 full scripts
Extra sub-domains 5
Addon domains 5
File Manager Yes
MySQL databases 3
Php flags manager Yes
manfaatkan fasilitas tersebut sebaik-baiknya. Tapi ini belum memasuki tahap membuat web lho! kita masih dalam tahap mencari hostingan gratis. Semoga dapat bermanfaat bagi kita, paling tidak kita bisa membuatkan website untuk sekolah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Achieve

Jejak pembaca

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman

Cek virus