Friday, November 2, 2007

Tulisan berjalan

Baik, akan takcoba kita membuat tulisan berjalan, seperti tulisan Assalamu'alaikum pada beranda blog ini. Caranya sangat mudah, karena sesungguhnya kita cuma minta dibuatkan ama bigoo.ws. Lalu kita tinggal ngedit dikit. Tapi jangan meniru persis punyaku, karena bigoo.wsnya terlanjur tak hilangkan. Maaf ya bigoo.ws. Untuk menggantikan kesalahanku itu, coba tak-link sekalian pada postingan ini.

Jadi kunjungi Bigoo.ws atau klik aja di sini. Lalu pilihlah mana yg anda inginkan. Aku lupa, mana yg kugunakan untuk tulisan yg aku pakai, keliatannya bigoo.ws udah banyak perubahan. Jadi silahkan pilih sesuai keinginan anda. Mungkin yg termasuk text welcome.

Cuma, punyaku tak edit sedikit. Terutama untuk lebar dan warna backgroundnya yg gak matcing ama templateku. Maka setelah kita copy kode html yang diberikan dan kita paste pada widget kita. Ehm, widgetnya termasuk html/javascript lho, jangan lupa. Paste aja disitu.

Untuk menyesuaikan dengan template kita, maka kita perlu mengganti warna backgroun dan lebar widget/konten tersebut.

carilah kode seperti
... type="application/x-shockwave-flash" bgcolor="#000000" http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" width="810"
height="40" ...

lha kalo masalah warna backgroun ya ada di bgcolor="000000" itu bisa diganti kode warna lain (yg didalam tanda petik
kalo punyaku tak sesuaikan menjadi bgcolor="f9f9f9"), kalo gak tau kode warnanya apa, bisa kita lihat pada edit template, pada font dan warna. jadi kita bisa mengetahui kode warna di situ. enaknya lagi kita langsung bisa memilih warna yang kita inginkan pada template kita kan? Kodenya ada pada kotak Edit kode hexa warna, itu kode warna pada warna yg kita klik.Mudah kan bermain warna?

kalo masalah ukuran agar sesuai dengan template kita, terutama masalah lebar, kalo masalah tinggi biasanya gak perlu kita rubah, ya itu sih terserah kita juga sih. tapi biasanya yg penting masalah lebar widget/konten tersebut. Karena kalo gak sesuai, kelihatan wagu.

Jadi, untuk menyesuaikan lebar widget tersebut, lihat dulu lebar kolom dimana anda meletakkan widget tersebut baru menyesuaikan lebar widgetnya. Lihat pada edit html pada template. Memang disini kita harus belajar memahami bahasa html. Yah, q sendiri sedikit mengerti, tapi itu bisa kita jadikan bekal.


lha, lihat aja di bagian deklarasi layouts, dimana kita meletakkan kontennya, lalu sesuaikan lebarnya konten dengan lebar kolom dimana kita menaruh konten, biar ukurannya gak wagu atau nabrak kolom konten yang lain. Karena kalo nabrak kolom konten yg lain, bisa mengganggu konten yg lain. Berlaku juga untuk konten-konten lain seperti shoutbox dari oggix, bisa kita edit lebarnya biar sesuai dengan lebar kolom dimana kita menaruhnya.

SUKSES SELALU.


2 comments:

  1. tulisannya gak kebaca mas...
    eemoo-esprit.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. kalo kode kode warnanya punya ga mas

    ReplyDelete