Saturday, November 3, 2007

Membuat Top Menu

Oh ya, perlu diingat, kolom ini ditulis hanya untuk membahas Bagaimana Q membuat blog ini, bukan untuk menggurui siapa pun. Karena Q sendiri juga pelajar, banyak pendekar ngeblog yang berpetualang di dunia persilatan weblog. Jurus yang sering tak pakai yaitu jurus pencarian, dengan bantuan mbah Google tentu saja. Dengan susunan kata yang tepat, kita dapatkan apa keinginan kita. Bukan Begitu?

Untuk membuat top menu seperti pada blog ini, hasil semedi dengan mbah Google melemparkanku ke padepokan kolom tutorial. Disana akhirnya aku mengambil mantra html menciptakan jurus Top Menu. Aku pilih aja horisontal blue menu (Edisi lebih komplitnya coba ke dinamic drive aja). Aku ambil mantra html di situ, sesuai dengan petunjuk guru Rahman, dipaste pada edit html template. Mantra satunya lagi dipaste di edit elemen halaman (widget html).

Yang tidak kalah penting dari mantra-mantra itu adalah, ternyata harus ada link untuk mengisi setiap menu nanti. Akhirnya aku bertapa di dunia view page source, dan Q mendapat wangsit untuk membuat blog lebih dari satu.

Blog-blog baru itulah yang mengisi setiap kolom pada menu bar. Tapi cara buatnya yang utama dulu. Ehm sedikit perubahan pada mantra html pembuat menu bar ada pada jaraknya dengan tepi. Wah musti bertapa lagi.

Ukuran yang awalnya "margin-left: 100px", tak rubah menjadi "margin-left: 5px". karena menyesuaikan dengan templateku, kalo 100px jadi wagu, agak menjorok ke dalam, dari tak geser dikit ke samping biar gak terlalu wagu.

Jangan lupa pada bagian dimana kita menaruh menu bar itu harus menjadi warna hijau pada background menu barnya, setelah kita mantap dengan susunan/model template dengan top menu itu, yup langsung kita download template kita di komputer.

Untuk apa? ya hasil download tadi kita pake sebagai template blog kita yg lain, sehingga tampilan blog kita "seakan-akan" dalam satu blog. Benar? padahal kalo kita liat pada addresbar, alamatnya beda kan di tiap kolomnya? he5.

Yap, tetapi untuk widget tetep nambah secara manual, paling tidak kita ngak melakukan penaruhanmantra html lagi pada edit html template, tinggal pada elemn halaman saja, kan templatenya udah hasil download dari template blog pertama? jadi sebelum mendesain blog yg lain sebagai menu dari top menu, mantapkan dulu bentuk dari template secara keseluruhan pada blog yg pertama.

SUKSES SELALU!

No comments:

Post a Comment