Monday, October 8, 2007

Javascript & feed

Akhirnya, saatnya kita bahas widget/ komponen blog yang berupa javasript maupun feed rss. Kenapa kita memakai konten ini? Yup tentu saja, karena konten-konten ini adalah konten tambahan yang biasanya kita dapatkan dari pihak ketiga. Tentu saja agar blog kita lebih hidup dengan adanya konten-konten tersebut.

Sebenarnya semua widget/konten merupakan javascript. Hanya saja, konten-konten tersebut telah disediakan oleh blogger kita, maka kita tidak perlu mencari kode html (javascript) untuk memperhidup blog kita.

konten/ widget yang disediakan blog cukup beragam, tetapi kita bisa menambahkan sendiri dengan menambah kode html/ javascript baik buatan kita sendiri maupun dari pihak ketiga.
pada blog ini anda melihat beberapa konten javascript. Misalnya tulisan berjalan pada beranda dan banner yg kami ciptakan dengan javascript dari bigoo.ws.

Selain itu masih banyak, ada shoutbox dari oggix.com, terus juga ada random ayat yg kami dapat dari mahesajenar.com, sedangkan random hadistnya dari situs yg lain, status Yaho Messanger dari isnaini.com, dan masih banyak yg lainnya.


Jadi mudah saja kita mencari kode html/javascrip suatu konten/ widget yg mungkin kita inginkan. Kita bisa mencarinya di google, lalu copy dan paste kode tersebut pada widget yang kita inginkan. Contohnya setelah kita dapatkan javascript, masuklah ke menu template dashboard blog anda, lalu pilih elemen halaman dan tambahkan elemen HTML/javascript.

Lalu paste kode javascript dan simpanlah. Jangan lupa untuk menentukan tempat widget tersebut (dengan men-drag) lalu simpan, dan lihatlah hasilnya.


tidak jauh berbeda untuk menambahkan sebuah feed RSS, dimana fungsi feed RSS bisa sebagai newsticker web kesayangan kita. Caranya juga mudah, cari feed situs tersebut terus copy ke feed (elemen halaman) dan atur berapa jumlah headline yg akan kita munculkan pada blog kita. contoh dalam blog ini menggunakan feed detikinet.com.


jadi sangat mudah sekali kan? Selamat mencoba, tapi ingat selalu-selalu-dan selalu menn-download template anda sebelum mengadakan perubahan. SUKSES SELALU!

1 comment: