Jumat, 19 Oktober 2007

Background

Akhirnya, dibahas juga bagaimana cara membuat backgroun blog. Papa Ipam sempet tanya itu, tentunya tergantung template yang kita buat, beberapa template bisa diganti backgrounnya, tapi beberapa yang lain tidak bisa, karena model template yang berbeda . Seperti template yg digunakan oleh Papa Ipam (template harbor buatan Douglas bowman), bodynya tuh pecah-pecah, jadi sulit ngrubah templatenya.

Coba kalo pake template seperti punyakku, template 3 kolom nyoba 780 dari isnaini.com, tapi ini udah tak modif jadi selebar 810. Tapi pada template blogger ada koq yg bisa dirubah backgrounnya. Seperti template Denim ciptaan Darren, Rounder sepertinya juga bisa, Teris Scribe ciptaannya Todd, Thisaway ciptaannya Dan Rubin, Ms Moto ciptaan Zeldman, dan beberapa yang lain. Cirinya tuh Bodynya dibelakang halaman posting. Kalo Model Harbor kan enggak gitu, Harbor tuh satu halaman penuh, gak ada bodynya (bodynya dipecah-pecah).

Oke kalo udah diputuskan pake template yg mana, baru deh kita rubah backgrounnya. Misal kalo pake template yg dalam blogger sendiri sih lebih mudah, tapi kalo dari pihak lain, misal seperti yg saya pakai disini (dari isnaini.com) perlu penyelamatan dulu pada widget-widgetnya, terutama yg berjenis HTML/javascript. Inget, selalu-selalu an selalu download dulu templatenya, n widgetnya (kode html).

Oke udah dirubah ke template yg kompatible dengan merubah background? He5 (menyesuaikan bahasa komputer), setelah itu masuk ke kode html. disitu ada kode
body {
font: normal normal 72% Trebuchet, Trebuchet MS, Arial, sans-serif;
text-align: center;
margin: 0px;
padding: 0px;
background-color: #CCCCCC;
color: #4c4c4c;
background: #ffffff;
}
jadi yang antara tanda { } itu bisa macem-macem tergantung templatenya, lalu rubah aja dengan kode kayak gini
body {
background:#4E95E6 url("http://i188.photobucket.com/albums/z25/hafid_umm/BOSTON_SKYLINE.jpg") fixed;
margin:0;
padding:0;
font:12px Verdana;
color:#000000;
font-size/* */:/**/13px;
font-size: /**/13px;
text-align:left;

}
dimana untuk mengganti foto milik sendiri urlnya (http://i188.photobucket.com/albums/z25/hafid_umm/BOSTON_SKYLINE.jpg) bisa diganti dengan foto milik kita sendiri. Kalo saya pake hosting photobucket, bisa juga pake yg lain semisal googlepages, atau geocitiesnya yahoo. jadi selamat mencoba ganti background anda.

SUKSES SELALU!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Achieve

Jejak pembaca

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman

Cek virus