Sunday, September 30, 2007

Blog template

Baiklah, disini kita akan mempelajari bagaimana mengatur tampilan blog kita.

Layanan Blogger sangat memudahkan kita untuk merubah tampilan blog kita, sangat mudah sekali hanya dengan mengganti template saja. Kita tidak perlu mahir bahasa pemrograman, cukup dengan memilih template yg disediakan.

Ada dua macam template blogger untuk masa ini, ada model template clasik untuk blogger yang lama, dan template baru. Dimana keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Untk template baru memudahkan kita untuk menambahkan widget tertentu, apalagi javascript dari pihak ketiga yg mau kita tambahkan. Pembahasan widget dan javascript tidak kami bahas disini.

Perlu diingat untuk para pengguna blogger, untuk selalu-selalu-dan selalu (kalo dalam tips blogger always, always, and always) mendownload dulu template yg telah digunakan sebagai back up bila template yg baru tidak sesuai dengan keinginan.

Apalagi kalau blogger anda telah mengandung widget, alangkah baiknya juga untuk menyimpan javascript widget tsb (bila berupa kode html) pada komputer anda dulu. Bisa disimpan di notepad misalnya.

Karena pergantian template akan menyubabkan perubahan pada knten yg ada pada tempalte sebelumnya dengan konten yg ada pada template baru.

Pergantian template pada blogger bisa dilakukan pada pengaturan layout pada tab Template di Edit HTML, maupun pilih template baru.

Pada model template baru (bukan yg klasik) sangat mudah mengedit template. Ada elemen halaman, edit warna, edit html, dan pilihan template.



Template juga bisa didapat dari pihak lain seperti pada blog ini. blog ini menggunakan template dari isnaini dot com. Tepatnya template ini nih:

Tentu aja kita modifikasi sedemikian rupa. Oh ya, mas Isnaini, maaf untuk template yg di Nedy is My Web nama mas tak hapus coz waktu q ngedit template jadinyanya tempatnya gak karuan, tapi untuk template di menu yang lain masih ada koq, maaf ya mas. (untuk mas Isnaini dot com).

Dan masih banyak tempat dimana kita dapat mendapatkan template untuk bog kita. Caranya pakai saja searc engine Google misalnya, maka dengan sekejap bisa kita dapatkan alamat web yg menyediakan template bagi blogger kita. Jadi silahkan mencoba untuk mengganti template anda, tapi ingat selalu-selalu-dan selalu menndownload dulu (menyimpan) template anda. SUKSES SELALU.


No comments:

Post a Comment